Pendirian

Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Nomor : 925/KPT/I/2019, tentang Izin Pembukaan Program Studi Bisnis Digital Program Sarjana Pada Universitas Negeri Makassar Di Makassar. Lampiran Dokumen SK

Visi

Menjadi Program Studi Unggul dalam Bisnis Digital di Indonesia pada tahun 2025

Misi

  1. Mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang profesional dan berdaya saing
  2. Meciptakan ekosistem digital untuk mewujudkan transformasi digital.
  3. Mengembangkan sikap dan jiwa kewirausahaan yang mandiri, kreatif, dan inovatif.

Tujuan

Tujuan dari prodi Bisnis Digital adalah mampu menyelenggrakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang efisien dan berkeadilan yang berlandaskan nilai etika dan estetika sehingga mampu memenuhi tuntutan perubahan zaman yang mendukung terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Profil Lulusan PS BISDIG FE UNM

Dengan terpenuhinya Capaian Pembelajaran oleh lulusan Prodi Bisnis Digital, maka diproyeksikan lulusan pada tahun pertama dan kedua. Lulusan menjadi Analisi Data Sains, Enterpreuneuer Start-Up Bisnis Digital, staf ahli pengelola data pada institusi pemerintahan dan swasta, dan ahli dalam teknologi keuangan digital pada tingkat, regional, nasional, dan internasional.

Profil Lulusan (lanjutan) :

  • Analis Data Sains
  • Asisten peneliti bidang Bisnis Digital
  • Ahli Teknologi Keuangan Digital (Fintech)
  • Praktisi Bidang bIsnis Digital (Start-Up, Market Place)

Kompetensi Lulusan

  • Growth Mindset (Terbuka dan adaptif)
  • Cerdas dan Terampil (Internalisasi dan eksteriorisasi pengetahuan dan keterampilan).
  • Bersikap Etis, Estetis, Simpati dan Empati.
  • Berakhlak Mulia (Akhlakul Karimah).

CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP)

A. Sikap (S)

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan dan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.

(Sumber: Permenristekdikti RI Nomor 44 Tahun 2015 SNPT)

B. Keterampilan Umum (KU)

  1. Mampu mengkaji, mengelola dan menerapkan ilmu Bisnis Digital dalam komersial dan wirausahasosial
  2. Mampu menerapkan keterampilan teknis dan keterampilan non-teknis dalam bidang Bisnis Digital
  3. Mampu mengkaji dan menerapkan berbagai keahlian dalam Bisnis Digital secara kreatif, inovatif, dan berkelanjutan.

C. Keterampilan Khusus (KK)

  1. Mampu menganalisa dan mendesain solusi alternatif atas permasalahan yang dihadapi.
  2. Mampu dan terampil membuat rencana bisnis digital
  3. Terampil mengolah data sains dan big data untuk pengambilan kebijakan bisnis yang tepat.
  4. Terampil mengoperasikan dan mempersentasikan aplikasi pengolah data, desain dan aplikasi digital lainnya dan menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan yang berakar pada nilai-nilai luhur kebudayaan serta teknologi informasi yang tepat guna.

D. Pengetahuan (P)

  1. Memahami potensi diri dan mengembangkankan untuk peningatan kualitas diri.
  2. Memahami potensi komunitas untuk pengembangan daya saing dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Memahami basis teori Bisnis Digtal dan penerapannya sesuai dengan bidang keilmuan.
  4. Memahami ekosistem Bisnis Digital untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi untuk kemajuan bangsa dan negara.

 

Link Group. Calon Mahasiswa Baru BISDIG FE UNM

Translate »