Dosen Program Studi Pendidikan Akuntansi (PSPA) Jurusan Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar Mengadakan Pelatihan sebagai Wujud Tri Darma Perguruan Tinggi

Kepala SMK 7 Pangkep Muhammad Anas, S.Pd. M.Pd,  dalam sambutannya mengatakan bahwa SMK 7 Pangkep gelar kerjasama dengan Fakultas Ekonomi Bisnis UNM demi peningkatan mutu pendidikan Guru-guru SMK Negeri 7 Pangkep. Menurutnya bahwa Dosen Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi Bisnis. Kini mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) 2022 yang bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di UPT SMKN 7 Pangkep yang dihadiri 30 guru. yang memberikan sambutan pertama oleh Bapak Kepala sekolah Drs. Muh. Anas, M.Pd. dan sambutan kedua oleh bapak Dekan FEB UNM Prof. Dr. H. Thamrin Tahir, M.Si. dalam sambutanya Bapak Dekan FEB UNM berpesan bahwa PKM yang dilaksanakan oleh dosen FEB bukan hanya di UPT SMKN 7 Pangkep tapi menyebar keseluruh kabupaten yang ada di Sulsel dan Sulbar tujuannya sebagai pelaksanaan Tri Darma PT dimana UNM pada umumnya dan FEB dan Program Studi Pendidikan Akuntansi pada khususnya hadir untuk ikut terlibat langsung kepada masyarakat khususnya guru-guru di sekolah untuk membenahi mutu pendidikan dan pengajaran disekolah dengan mendorong para guru untuk berlomba meningkatkan kompetensinya melalui 2 tema PKM kali. Sehingga tidak lagi guru yang tdk bisa menyusun PTK dan Perangkat Pembelajaran.

Dalam program PKM kali ini dengan mungusung tema 2 hal penting yang dipaparkan Tim Pengabdi adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK. 30 guru sangat aktif dan antusias menerima materi demi meningkatkan kualitas pembelajaran. Prof. Dr. Muhammad Azis, M.Si Ketua Tim PKM PTK memberikan pengantar “salah satu jenis penelitian yang sangat cocok bagi guru dan tetap melaksanakan tugas adalah Penelitian Tindakan Kelas untuk memperbaiki proses pembelajaran terus menerus dalam upaya meningkatkan hasil belajar murid”. Dan Bapak M. Ridwan Tikollah, S.pd., M.SA memaparkan bahwa “masalah terjadi pada murid baik pada pedagogik, literasi, numerasi dan kesulitan belajar murid. Dan penyebabnya mungkin pada guru baik dari model pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar ataupun materi ajar. Bahwa peningkatan kegiatan pembelajaran terjadi perubahan perilaku guru dan siswa”. Drs. M. Yusuf A. Ngampo, M.M memaparkan materi Penyusunan perangkat Pembelajaran berbasis TPACK bahwa kemampuan guru mengintegrasikan anatara teknologi dan pedagogik dalam pengembangan konten di dunia pendidikan yang membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Kegiatan ini ditandai dengan MoU antara SMKN 7 Pangkep dengan Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi Bisnis. Kepala Sekolah dan Guru-guru berharap, semoga dengan adanya MoU ini akan semakin meningkatkan kualitas pembelajaran di SMKN 7 Pangkep dengan bimbingan Para Tim Dosen Pengabdi PKM Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ilmu Akuntansi. TIM Pengabdi PKM Penelitian Tindakan Kelas (PTK) masing-masing dosen adalah Prof. Dr. H. Muhammad Azis, M.Si (Ketua), M. Ridwan Tikollah, S.Pd., M.SA (anggota), Sahade, S.Pd., M.Pd. (anggota), Samsinar, S.Pd., S.E., M.Si., Ak., CA (anggota) dan Fajriani Azis, S.Pd., M.Si (anggota).

TIM Pengabdi PKM Penyusunan perangkat Pembelajaran berbasis TPACK masing-masing dosen adalah Drs. M. Yusuf A. Ngampo, M.M (Ketua), Drs. H. Abd. Rijal, M.Si (anggota), Dra. Sitti Hajerah Hasyim, M.Si (anggota) dan Nuraisyiah, S.Pd., M.Pd.

Translate »