Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar Tahun 2022

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNM menyelenggarakan “Workshop Program Kreativitas Mahasiswa PKM” pada hari Rabu, 10 Pebruari 2022. Dengan menghadirkan Narasumber yang handal dan pakar pada bidang PKM dan juga Tim Reviewer Nasional dan Penyusun Panduan PKM Tahun 2022 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek), Bapak Prof. Dr. Drs. Ir. H. Bakhrani Rauf, M.T. (Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat LP2M-UNM) dan Bapak Dr. Sultan, S.Pd.M.Pd. (Reviewer Nasional dan Tim Penyusun Buku Panduan PKM Tahun 2022 Kemdikbud-Ristek).

Pada Workshop PKM kali ini dilaksanakan dengan mengikuti protocol kesehatan dengan semua peserta yang hadir secara luring menggunakan masker dan pelaksanaan dilakukan secara blended dengan menghadirkan peserta sekitar 450 orang yang terdiri dari dosen pembimbing PKM dan mahasiswa hadir secara luring sekitar 20 orang dosen dan 35 orang dosen hadir secara daring dan mahasiswa hadir secara luring 15 orang dan 380 orang mahasiswa hadir secara daring.

Sambutan sekaligus membuka acara Workshop Dekan FEB UNM Bapak Prof. Dr. H. Thamrin Tahir, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan pesan bahwa PKM tahun 2022 FEB UNM harus bisa meloloskan mahasiswa FEB ke PIMNAS 35 mendatang di Malang Jawa Timur dan itu adalah target karena FEB UNM setiap tahunnya hanya selalu meloloskan Proposal PKM mahasiswa pada pendanaan tingkat nasional yang dibiayai oleh Kemendikbud-Ristek dan terakhir pada tahun 2021 meloloskan Proposal PKM Mahasiswa FEB sebanyak 5 Proposal PKM yang didanai. Lanjut Bapak Dekan FEB UNM Prof. Dr. Thamrin Tahir, M.Si. memberikan apresiasi yang luar biasa kepada mahasiswa bahwa yang Proposal PKM mahasiswa FEB yang lolos ke PIMNAS akan dibebaskan dari proses penyelesain studi di program studi masing-masing tanpa harus seminar proposal dan seminar hasil tinggal menyusun kembali laporan hasil PKM yang telah dipresentasikan di PIMNAS sesuai dengan sistematika dan panduan skripsi untuk ikut ujian tutup (ujian meja) karena proses tersebut harus dilalui oleh semua mahasiswa. dan selanjutnya juga bapak dekan FEB UNM juga memberikan apresiasi sebagai wujud penghargaan bagi mahasiswa yang berprestasi dengan memberikan uang pembinaan per proposal PKM yang lolos PIMNAS sebesar Rp. 10.000.000,-.dan juga diperkuat bapak Dr. Basri Bado, S.Pd,,M.Si. (Wakil Dekan Bidang Administrasi dan Keuangan FEB UNM) ini merupakan keseriusan Bapak Dekan FEB UNM mendorong seluruh mahasiswa untuk berprestasi khususnya PIMNAS. Dan bagi dosen pembimbing banyak hal yang bisa didapatkan termasuk Remunerasi, Hak Paten dari hasil riset mahasiswa, artikel/jurnal ilmiah yang dihasilkan karena produk dari PKM adalah Artikel/jurnal/buku/ dll.bisa diklaim bersama mahasiswa bimbingan serta penghargaan dari bapak Rektor UNM bagi dosen pembimbing yang meloloskan sampai ke PiMNAS dan mendapatkan medali akan diberikan penghargaan untuk UMRAH.

Narasumber I Bapak Prof. Dr. Drs. Ir. H. Bakhrani Rauf, M.T. juga menyampaikan materi PKM dengan mengawali bagaimana mendorong semangat mahasiswa bahwa Bapak Rektor UNM sangat mengapresiasi setiap proses yang diakukan oleh mahasiswa dalam program PKM ini mulai dari lolos pendanaan sudah difasilitas oleh fakultas dan universitas, sampai dinyatakan lolos PIMNAS dilakukan dilakukan persiapan dengan dikarantina di Hotel berbintang selama 4-7 hari bersama-sama dengan dosen pembimbing masing-masing. sampai saat pemberangkatan menuju lokasi PIMNAS diberikan fasilitas-fasiltas dan materi yang sangat memadai. Begitu pula mahasiswa yang lolos PIMNAS dengan meraih medali diberikan pembebasan UKT sesuai dengan besar UKT mahasiswa. pesan yang disampaikan bahawa “Jangan Menjadikan Alasan Pandemik Covid-19 ini sehingga tidak melakukan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Lakukan dengan Penuh Inovasi dan Kreativitas sehingga dapat terlaksana sesuai dengan Harapan”.

Salah satu Dosen Pembimbing PKM FEB UNM Ibu Dr. Hj. Marhawaty, M.Si. memberikan testimony mengenai apa keuntungan dan manfaat yang diperoleh mahasiswa yang ikut Program PKM sampai lolos PIMNAS dengan pengalaman sebagai orang tua yang anaknya lolos PIMNAS dan mendapat medali. Menyampaikan bahwa selama ini banyak manfaat yang telah didapatkan termasuk pengalaman, ilmu pengetahuan yang luas, dan materi termasuk mendapat pembebasan UKT selama 6 semester dan bebas skripsi sehingga mendorong mahasiswa FEB UNM bahwa apa lagi yang diragukan karena semua itu akan didapatkan yang terpenting adalah kemauan, keinginan, semangat dan keseriusan mahasiswa itu sendiri karena ini semua diawali dari ide dan kreativitas mahasiswa itu sendiri dan tanpa itu semua mustahil akan terwujud.

Narasumber 2 Bapak Dr. Sultan, S.Pd.,M.Pd. Menyampaikan materinya dengan memberikan kiat-kiat memenangkan Program PKM dengan lolos pendanaan dan lolos PIMNAS 35 di Malang Jawa Timur. Mengawali materi dengan memberikan dorongan dan semangat kepada mahasiswa bahkan Program PKM ini untuk tahun 2022 sudah masuk Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang nantinya akan disetarakan dengan maksimal 20 SKS dengan merekognisi mata kuliah yang relevan diantaranya mata kuliah metodologi penelitian, seminar bidang studi, skripsi dsb. Dan selanjutnya materi disampaikan dengan menyampaikan bahwa Program PKM ada 8 bidang yakni 6 bidang yang dilombakan di PIMNAS (PKM-K, PKM-KC, PKM-PI, PKM-PM, PKM-PE dan PKM-RSH) da nada 3 bidang yang hanya di danai (PKM-AI, PKM-GT, dan PKM-GFK). Selanjutnya dalam materinya menyampaikan bahwa untuk bisa lolos dari 8 bidang PKM mahasiswa harus memiliki kompetensi; 1) Academic Knowledge, 2) Skill of Thinking, 3) Management Skill, 4) Communication Skill. Dan juga bagaimana mahasiswa memahami filosofi setiap skim diantaranya sebagai berikut:
1. PKM-RE (Pengamatan mendalam berbasis IPTEK untuk mengungkap informasi baru)
2. PKM-K (Produk IPTEK sebagai komoditas usaha mahasiswa)
3. PKM-PM (Solusi IPTEK/Teknologi dan Manajemen bagi mitra non profit)
4. PKM-PI (Solusi IPTEK/Teknologi dan Manajemen bagi mitra profit)
5. PKM-KC (Karya berupa hasil konstruksi karsa yang fungsional)
6. PKM-GFK (Penyelesaian permasalahan Isu SDGs atau nasional disajikan dalam bentuk video)
7. PKM-GT (Karya tulis berupa ide berupa konsep perubahan dimasa depan)
8. PKM-AI (Artikel ilmiah hasil kegiatan akademik mahasiswa)

Kata kunci dari materi tersebut “Jika Anda memiliki ide, tetapi tidak melakukan tindakan tindakan ide itu; Anda hanya imajinatif, tetapi tidak kreatif”.
Ketua Panitia Workshop dan Program PKM FEB UNM Bapak Dr. Anwar,SE.,M.Si. berpesan kepada semua mahasiswa FEB UNM bahwa mari gaungkan program PKM tahun 2022 dengan target mahasiswa FEB UNM lolos PIMNAS 35 di Malang Jawa Timur.

Translate »