Mahasiswa FEB UNM Gelar Accounting Fest Nasional 2021

Pada Jumat, 26/03/2021, Kegiatan Tingkat Nasional “Accounting Fest 2021” diselenggarakan oleh mahasiswa FEB UNM Jurusan Akuntansi yang bertemakan “Permasalahan Antara Pembangunan Ekonomi dan Krisis Ekologi” Berlangsung selama 2 hari dari tanggal 27-28 Maret 2021. Acara di hadiri oleh turut dihadiri oleh Wali Kota Makassar yang diwakilkan kepada Dr. Hikmah Manganni, S.Pd, M.Pd. Kepala Bidang Pendidikan Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni Universitas Negeri Makassar Prof. Dr. Sukardi Weda, S.Si, M.Hum, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar Bapak Prof. Dr. H. Thamrin Tahir, M.Si., Bapak/Ibu Wakil Dekan, Kajur dan Ketua Program Studi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar, dan para perwakilan lembaga kemahasiswaan baik pada tingkat universitas, fakultas, jurusan, dan program studi.

Acara yang berlangsung di Confention Hall dibuka oleh Bapak Wakil Rektor Bidang Kemahasiswa dan Alumni (WR 3) UNM. Sebelum acara dibuka Bapak Dekan FEB UNM menyampaikan sambutan bahwa kegiatan ini beliau sangat mengapresiasi dan mendukung penuh dan menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ketua dan panitia kegiatan, Ketua Jurusan, Ketua Program Studi atas terselenggaranya kegiatan nasional yang merupakan efen tahun lembaga kemahasiswa tingkat jurusan dan program studi Akuntansi FEB UNM. Harapan bahwa semoga kegiatan nasional ini menjadikan ajang bagi mahasiswa untuk belajar lebih banyak tentang kepemimpinan, kerja-kerja positif terhadap kepekaan dan kepedulian terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi apalagi di Era Distrupsi yang penuh dengan ketidakpastian yang harus selalu mengikuti perkembangan dan kemajuannya terlebih sejalan dengan tema kegiatan “Permasalahan Antara Pembangunan Ekonomi dan Krisis Ekologi”, dimana dua variable tersebut sejalan antara pembangunan ekonomi tanpa harus mengabaikan atau merusak lingkungan atau alam sekitar. Begitupulan di harapkan hasil dari kegiatan Nasional Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Antar Perguruan Tinggi lahir pemikiran-pemikiran, teori-teori dan karya fundamental tentang ilmu pengetahuan pada umumnya dan ilmu ekonomi dan akuntansi pada khususnya.

Walikota Makassar dalam sambutan Walikota yang disampaikan Dr. Hikmah Manganni, S.Pd, M.Pd. Kepala Bidang Pendidikan Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat yang juga beliau adalah keluarga besar UNM. Menekankan pada Visi Bapak Walikota Makassar yaitu visi ‘Percepatan Mewujudkan Makassar Kota Dunia yang Sombere & Smart City dengan Imunitas Kuat untuk semua’. Dengan menggaris bawahi “Makassar Kota Dunia” hal ini sesuai dengan tema kegiatan Accounting Fest 2021 hal ini sejalan bahwa bagaimana untuk mencapai Visi Walikota harus sejalan dengan Imunitas kuat , ekonomi yang handal dan lingkungan yang bersih sehingga terwujud sumber daya manusia yang handal yang mampu menyelesaikan permasalahan kesehatan, ekonomi dan krisis ekologi.

Sedang Wakil Rektor Bid. Kemahasiswaan dan Almuni dalam sambutanya menyampaikan pesan bahwa mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan perlu menghargai dan mengatur waktu sebaik mungkin, terlebih lagi bahwa mahasiswa bukan hanya sekedar aktif kuliah dan memiliki IPK yang tinggi tapi juga harus didukung dengan pengalaman-pengalaman berorganisasi dan berlembagan bukan hanya di kampus untuk berlembaga tapi juga mereka organisasi diluar kampus seperti pengalaman beliau mereka begitu banyak lembaga yang sudah pernah dimasuki dintaranya KNPI, HMI, dan juga pernah masuk partai politik sebelum ada aturan bahwa PNS tidak boleh masuk partai politik. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan seperti ini dan selalu banyak waktu buat mahasiswa untuk bisa hadir ditengah-tengah mereka menyampaikan dan memberikan motivasi bagi mahasiswa di UNM khusunya di FEB UNM. Juga sangat mengharapkan kepada mahasiswa untuk selalu melihat peluang yang ada untuk tidak tertinggal dengan mahasiswa yang lain dan selalu mengambil contoh pada dirinya bahwa tidak pernah puas dengan gelar yang dimiliki sehingga hampir semua kesempatan yang ada dimanfaatkan sebaik mungkin dan inilah menjadi best practice bagi mahasiswa untuk bisa melihat UNM menjadi tambah baik dari hasil kerja bersama semua civitas akademika terkhusus mahasiswa dan alumni UNM. Sehingga membawa UNM sebagai perguruan tinggi yang terdepan.

Dalam kegiatan Accounting Fest 2021 dilaksanakan dalam dua kegiatan yakni: 1) Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional yang di ikut sekitar 51 PTN dan PTS yang telah mengirimkan proposal LKTI dan yang lolos masuk lomba semi final sebanyak 13 PTN dan PTS. Diantara: 1) UGM, 2) UNAIR, 3) UNIBRAW, 4) UM, 5) UNNES, 6) UNHAS, 7) UNSULBAR, 2) Webinar Nasional yang diikuti sekitar kurang lebih 1.300 orang peserta dari berbagai PTN dan PTS.

Translate »