Dosen FE UNM Gelar Kegiatan Edukasi PTK untuk Guru di Pangkep

Dosen Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Terpadu Tahun 2020 di SMK Negeri 1 Pangkep dan Kantor Kelurahan Boriappaka, Kabupaten Pangkep, pada 26 September 2020.

PKM yang dilaksanakan di SMKN 1 Pangkep merupakan implementasi dari kesepahaman bersama antara FE UNM dengan SMK Negeri 1 Pangkep untuk melakukan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Kerja sama tersebut ditandatangani langsung oleh Dekan FE UNM, Prof. Dr. H. Thamrin Tahir, M.Si. dengan Kepala SMK Negeri 1 Pangkep, H. Muh. Nurdin, S.Pd., M.Pd.

Ketua Tim Pengabdi, M. Ridwan Tikollah, S.Pd., M.SA, mengatakan strategi pembelajaran merupakan hal dasar yang harus dipahami oleh seorang guru dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

“PTK yang dilakukan oleh seorang guru tentunya menjadi solusi dalam masalah-masalah pembelajaran di kelas. Untuk itu seorang guru harus menyadari pentignya PTK agar mampu mengetahui kesulitan yang menjadi penghambat dalam menyusun PTK,” katanya.

Ia juga berharap kegiatan tersebut mampu menghasilkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan publikasi ilmiah secara berkala.

“Olehnya itu, setelah mengikuti kegiatan PKM ini, guru diharapkan mampu membuat PTK dan publikasi ilmiah secara berkala. Selain itu guru juga memahami pengelolaan koperasi guna peningkatan keterampilan sebagai sekolah kejuruan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 1 Pangkep H. Muh. Nurdin, S,Pd., M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan agar guru-guru di sekolahnya mampu membuat PTK secara mandiri.

“Saya harap guru-guru di sekolah ini mampu membuat PTK secara mandiri, yang tentunya untuk kepentingan pembelajaran dan kenaikan pangkat”, ucapnya dalam sambutan.

“Selain itu, dengan adanya PKM pendirian koperasi sekolah dan manajemen koperasi dapat membantu Pengurus Koperasi dalam memahami konsep dan praktik perkoperasian,” tambahnya.

Sekadar diketahui, kegiatan tersebut diawali dengan PKM Strategi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 yang diketuai oleh Drs. M.Yusuf A. Ngampo, M.M. Anggotanya, Nuraisyiah, S.Pd., M.Pd.

Untuk Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas dengan Ketua Tim Pengabdi M. Ridwan Tikollah, S.Pd., M.SA. dan anggota Dra. Sitti Hajerah Hasyim, M.Si.

Selanjutnya, kegiatan dengan PKM Pendirian Koperasi Sekolah dengan Ketua Tim Pengabdi Drs. H. Abd. Rijal, M.Si. Anggotanya Nuraisyiah, S.Pd., M.Pd. dan Samsinar, S.Pd., SE., M.Si., Ak., CA.

Sementara, PKM Manajemen Koperasi diketuai Dra. Sitti Hajerah Hasyim, M.Si. Anggotanya, Hajrah Hamzah, SE., M.Si., Ak., C.A. dan Azwar Anwar, SE., M.Si., Ak., C.A.

Translate »